Rabu, 13 April 2016

Definisi Perpustakaan digital, Sejarah Perpustakaan Digital dan Jenis Perpustakaan Digital


        Seiring perkembangan zaman yang semakin maju dan bertambah pesat bermacam macam alat teknologi telah diciptakan salah satunya adalah perpustakaan digital seperti yang kita kenal sekarang ini. Semua para pengguna dapat mengakses perpustakaan digital tanpa harus langsung mengunjungi gedung perpustakaan. Perpustakaan digital juga menyediakan berbagai macam koleksi yang dibutuhkan oleh para pengguna hanya saja koleksi yang disediakan oleh perpustakaan digital berbentuk elektronik bukan berbentuk koleksi tercetak.
 
A. Pengertian Perpustakaan Digital
Perpustakan digital adalah koleksi data multimedia dalam skala besar  yang  terorganisasi  dengan  perangkat  manajemen  informasi dan  metode yang  mampu menampilkan data  sebagai  informasi dan  pengetahuan  yang  berguna  bagi  masyarakat  dalam berbagai konteks organsiasi dan sosial masyarakat. Perpustakaan digital juga mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer.
B.  Sejarah Perpustakaan Digital
Sebelum tahun 1960  Perpustakaan masih menjadi perpustakaan tradisional, kemudian pada  pertengahan tahun 1960-1988 perkembangan teknologi informasi dan jaringan  mulai berkembang sehingga dapat mengolah dokumen menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata. Perpustakaan masih berkembang semi modern dengan menggunakan katalog indeks. Pada tahun 1990  teknologi internet semakin berkembang sehingga mampu mengakses informasi dengan cepat. Bagian katalog juga mengalami metamorfosis menjadi katalog elektronik yang lebih mudah dan lebih cepat dalam pencarian kembali koleksi yang disimpan di perpustakaan. Pada tahun 1991 Proyek TULIP (The University Licensing Project), bekerjasama dengan beberapa universitas yang terdapat di Amerika dengan perusahaan Elsevier Science, meneliti tentang sistem pengumpulan dan penyimpanan data serta teknik pengaksesan perpustakaan digital. September 1995 Proyek NSF/ARPA/NASA merupakan lanjutan penelitian Proyek TULIP. Istilah perpustakaan digital digunakan untuk pertama kali dalam bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital.

C.    Jenis Perpustakaan Digital 
Adapun jenis  perpustakaan ada dua yaitu :
1. Full Text
- Pemrosesan dan manipulasi data lebih mudah
- Ukuran data lebih kecil
- Data terformat dalam bentuk SGML (Standard Generalized Markup Language)
2. Page Image
- Sesuai untuk system browsing
- Tidak memerlukan font karena berupa file image
- Tidak memerlukan biaya besar dalam pembuatan (low cost)
- Perbedaan   ”perpustakaan   biasa”   dengan   ”perpustakaan digital”   terlihat   pada  keberadaan  koleksi.  
- Koleksi  digital  tidak  harus  berada  di  sebuah  tempat  fisik,  sedangkan  koleksi  biasa  terletak  pada  sebuah  tempat  yang  menetap,  yaitu  perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar