Jumat, 27 Mei 2016

THE UNIVERSAL DIGITAL LIBRARY (UDL)


www.ulib.org

A.    Sejarah The Universal Digital Library (UDL)
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, semua karya sastra, seni, dan ilmiah yang signifikan dari umat manusia dapat dipertahankan secara digital dan dibuat tersedia secara bebas, di setiap sudut dunia, untuk pendidikan kita, belajar, dan penghargaan dan bahwa dari semua generasi masa depan kita. Sampai sekarang, transmisi warisan budaya kita telah bergantung pada jumlah terbatas salinan media rapuh. Kebakaran dari Alexandria tidak dapat ditarik kembali terputus akses kami ke salah satu karya dari dahulu. Dalam seribu tahun, hanya beberapa dari dokumen kertas yang kita miliki saat ini akan bertahan kerusakan akibat kerusakan, kehilangan, dan kehancuran langsung. Dengan tidak lebih dari 10 juta buku dan dokumen edisi unik sebelum tahun 1900, dan mungkin 100 juta sejak awal sejarah yang tercatat, tugas pelestarian jauh lebih besar. Dengan teknologi digital baru, meskipun, tugas ini adalah dalam jangkauan upaya terpadu tunggal untuk kepentingan publik, dan upaya ini dapat didistribusikan ke perpustakaan, museum, dan kelompok-kelompok lain di semua negara.
Teknologi digital dapat membuat karya-karya manusia secara permanen diakses oleh miliaran orang di seluruh dunia. Andrew Carnegie dan dermawan besar lainnya di abad yang lalu telah mengakui potensi besar dari perpustakaan umum untuk meningkatkan kualitas hidup dan memberikan kesempatan untuk warga negara. Sebuah perpustakaan digital universal, tersedia secara luas melalui akses gratis di Internet, akan meningkatkan masyarakat global dengan cara-cara di luar pengukuran.
Proyek besar pertama dari Perpustakaan Universal adalah proyek Juta Buku Perpustakaan Digital. Khas perpustakaan sekolah tinggi besar kurang dari 30.000 volume. Sebagian besar perpustakaan di dunia memiliki kurang dari satu juta buku. Jumlah judul yang berbeda diindeks di WorldCat OCLC adalah sekitar 48 juta. Satu juta buku, oleh karena itu, lebih dari kepemilikan paling tinggi sekolah, dan setara dengan perpustakaan di banyak universitas dan mewakili sebagian kecil yang berguna dari semua buku yang tersedia.Tujuan sekunder dari proyek ini akan memberikan test bed yang akan mendukung peneliti lain yang bekerja pada peningkatan teknik pemindaian, meningkatkan pengenalan karakter optik, dan meningkatkan pengindeksan. Korpus proyek ini menciptakan akan menjadi salah satu untuk tiga lipat lebih besar daripada sumber bebas yang ada.

Manfaat utama dari Perpustakaan Universal adalah  untuk melengkapi sistem pendidikan formal dengan membuat pengetahuan yang tersedia bagi siapa saja yang dapat membaca dan memiliki akses. Perpustakaan telah memainkan peran penting dalam kemajuan masyarakat manusia. muka masyarakat tergantung pada orang-orang muda yang memiliki akses ke buku melalui perpustakaan dan sarana lainnya. Karena , sebagian besar perguruan tinggi junior, sekolah tinggi, dan perpustakaan umum memiliki koleksi yang jauh lebih kecil. Membuat repositori pengetahuan besar ini dapat merevolusi penelitian di semua tingkat pendidikan dan memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan biaya minimal untuk infrastruktur pendidikan nasional. Dampak ini akan lebih disempurnakan diberikan kemudahan akses online, dan manfaat dari teks lengkap mencari di tingkat kata dan frase. Manfaat sekunder pencarian online adalah untuk membuat menemukan informasi yang relevan dalam buku jauh lebih handal dan lebih mudah. keberhasilan siswa dalam menemukan apa yang mereka cari akan meningkat dan peningkatan keberhasilan akan meningkatkan kemauan siswa untuk melakukan penelitian dengan menggunakan sumber daya yang besar ini.
Pendanaan untuk Proyek Buku Juta datang dari berbagai sumber. National Science Foundation menyediakan dana untuk peralatan, India dan China menyediakan sumber daya manusia untuk pemindaian, pengindeksan dan hosting, dan berbagai perusahaan dan yayasan yang memberikan dukungan parsial. National Science Foundation menyediakan dana untuk Scanner, Komputer, Server, dan Software. sumber ini dari NSF yang ditambah dengan China dan India yang menyediakan tenaga kerja, sekitar 2.000 pria tahun usaha masing-masing, selama periode lima tahun, sebagai kontribusi mereka terhadap proyek ini. Ini merupakan kontribusi relatif dua puluh-satu oleh China dan India untuk proyek ini. Mereka akan membantu dalam pemilihan dokumen, pengembangan perangkat lunak dan digitalisasi buku-buku.

B. Pencarian koleksi 
  1.  pilih browser collection


           2. Pilih judul buku berdasarkan huruf abjad atau tahun

    
          3. kemudian akan keluar seperti yang ada pada gambar


                 4.  lanjutan pencarian koleksi


                 5. jika ingin membaca koleksi maka pilih gambar gambar yang ada tanda panah

                   6. kemudian keluar tampilan koleksi



Kami telah memilih format gambar TIFF untuk menampilkan halaman buku di UDL, karena menghasilkan gambar berkualitas tinggi ketika dipindai dari buku kertas. Kami bekerja untuk mengkonversi gambar buku ke format lain. Saat ini buku UDL dalam format TIFF,  Kami bekerja sama dengan organisasi-organisasi mitra kami untuk mengubah buku ke dalam format PDF. Pengguna akan dapat men-download sebuah buku setelah konversi dilakukan. Kami berharap konversi ke format PDF akan selesai dalam 6 bulan.
 
C.    Statistik jumlah buku di perpustakaan UDL


 
D.    Umpan balik

E. Adapun orang-orang yang bekerja dalam perpustakaan digital library universal adalah  Universitas Carnegie Mellon, Penasehat AS, China, India, dan Mesir:


UDL mencari sumbangan dan dukungan dari orang-orang dan organisasi yang ingin membantu melestarikan kekayaan budaya dunia dan membuat mereka tersedia untuk semua. Semua donor menjadi anggota seumur hidup dari inisiatif UDL dan akan diakui pada konferensi ICUDL tahunan.
1.   Patron sumbangan sebesar $ 100.000 USD dan di atas tingkat kontribusi memungkinkan digitalisasi sekitar 5000 buku. donor akan memiliki pilihan untuk memilih dan mengirimkan buku untuk ditambahkan ke koleksi. Buku ditambahkan ke koleksi akan menampilkan informasi donor dalam metadata.
2.     Sponsor sumbangan dari $ 10,000 USD dan di atas. Tingkat kontribusi memungkinkan digitalisasi dari sekitar 500 buku. donor akan memiliki pilihan untuk memilih dan mengirimkan buku untuk ditambahkan ke koleksi. Buku ditambahkan ke koleksi akan menampilkan informasi donor dalam metadata.
3.      Donor sumbangan sebesar $ 1.000 USD dan di atas tingkat kontribusi memungkinkan digitalisasi sekitar 50 buku. donor akan memiliki pilihan untuk memilih dan mengirimkan buku untuk ditambahkan ke koleksi. Buku ditambahkan ke koleksi akan menampilkan informasi donor dalam metadata.

F.    Kebijakan hak cipta
Digital Library Universal (UDL) memiliki buku-buku yang baik dalam dan keluar dari hak cipta. Ini adalah kebijakan eksplisit dari Universal Digital Library (UDL) untuk mematuhi kebijakan hak cipta dari semua negara dalam penafsiran ketat mungkin. Dalam hal telah terjadi pelanggaran yang tidak disengaja dari kebijakan negara manapun, kami akan segera mencoba untuk memperbaiki situasi. Kami meminta semua pemberitahuan seperti pelanggaran hak cipta yang akan dikirim dengan mengklik hyperlink pelanggaran hak cipta pada metadata buku yang ditampilkan ketika mencari.
Kami menggunakan prinsip panduan konservatif berikut untuk menampilkan konten.
 1. Untuk buku-buku yang baik dari hak cipta atau izin untuk memindai telah diberikan, kami menampilkan seluruh isi buku gratis untuk dibaca. Kami anggap setiap buku yang diterbitkan sebelum 1923 sebagai keluar dari hak cipta.
2. Untuk buku hak cipta, kami hanya menampilkan halaman judul dan halaman yang dipilih lainnya tidak melebihi 10% dari halaman, di bawah kebijakan penggunaan yang adil. Saat ini kami anggap buku apa pun diterbitkan setelah 1923 sebagai hak cipta, kecuali:
Sebuah. Buku ini dalam domain publik (mis publikasi pemerintah dan disetujui tidak-untuk-profit masyarakat lain)
3. izin eksplisit telah diterima dari penulis atau penerbit atau
4. Ada informasi dikonfirmasi untuk menunjukkan bahwa buku ini tidak harus dalam hak cipta.

G.      Fasilitas The Universal Digital Library (UDL)
·    Tidak dapat menjadi anggota di perpustakaan, karena perpustakaan ini menyediakan untuk semua kalangna siapa saja dapat mengakses perpustakaan ini.
·         koleksi tidak dapat di download hanya dapat dibaca secara online
                                                                                                                    




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar